Selasa, 12 Juli 2011

Mengenal Bakteri E. Sakazakii


Apa itu Enterobacter sakazakii?  Penyakit apa yang dapat terjadi karena bakteri tersebut?
Enterobacter sakazakii adalah termasuk bakteri sejenis Enterobacteriacea, yang terdiri dari beberapa spesies bakteri yang ditemukan dalam pencernaan manusia, hewan dan dari lingkungan. Mikroorganisme ini dapat berimplikasi kepada meningitis atau enteritis khususnya pada anak-anak.
Dalam beberapa berita dilaporkan 20% - lebih dari 50% yang terkena penyakit tersebut meninggal. Sedangkan yang dapat bertahan dari penyakit tersebut ternyata pada akhirnya mengalami komplikasi gangguan saraf.

Siapa yang paling berpotensi terkena Enterobacter sakazakii ?
Enterobacter Sakazakii dapat menyebabkan penyakit pada semua umur. Tetapi dari beberapa laporan disebutkan bahwa pada bayi, terutama bayi yg kurang dari 1 tahun factor resikonya lebih tinggi. Dan yang paling berbahaya lagi apabila menyerang bayi baru lahir (kurang dari 28 hari), bayi prematur, bayi berat badan lahir rendah dan bayi yang imun-nya menurun.

Dari mana asalnya Enterobacter sakazakii?
Habitat alami Sakazakii tidak diketahui secara pasti. Bakteri dapat didekteksi berada di pencernaan orang yang sehat. Ia juga dapat ditemukan di pencernaan binatang dan juga di alam.

Bagaimana susu formula dapat terkontaminasi oleh Enterobacter sakazakii ?
Ada tiga jalan bagaimana susu formula dapat terkontaminasi Enterobacter Sakazakii.
a) Melalui material yang dipakai saat produksi susu formula.
b) Melalui kontaminasi formula atau bahan-bahan ramuan formula lain yang dimasukan kedalam susu formula setelah susu dipasturisasi
c) Melalui orang yang memberikan susu formula kepada bayi.
Sebenarnya Enterobacter sakazakii dapat dideteksi pada  berbagai makanan lain, tetapi serangan bakteri tersebut lebih sering melalui susu formula bubuk

Apakah bayi yang disusui ASI dapat terkontaminasi Enterobacter sakazakii?
Belum pernah dilaporkan terjadi kontaminasi bakteri pada bayi yang disusui ASI saja (asi eksklusif). Penelitian yang ada hanya menyebutkan bawa 50-80% kasus kontaminasi bakteri sakazakii terjadi karena susu formula bubuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar