Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara Minum yang Baik dan Benar

Lebih dari 70% tubuh kita adalah air.  Air yang bergerak dalam tubuh kita, tak ubahnya seperti sungai yang terus mengalir sepanjang siang dan malam.  Sebagai alat transportasi, air mengangkut bahan makanan, darah, sel-sel yang mati dan hasill metabolisme tubuh lainnya.  Semua kegiatan ini, sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

Mengingat pentingnya fungsi air, maka kecukupan air dalam tubuh harus terjaga.  Bila cairan dalam tubuh berkurang, keseimbangan kerja organ-organ tubuh akan terganggu, dan terjadi penumpukan toksin.  Oleh  karena itu, kebiasaan kurang mengonsumsi air dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.



untuk memperoleh manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya minum mengikuti alur yang tepat sesuai karakter tubuh dan karakter air itu sendiri.  Banyaknya air ataupun waktu yang terbaik untuk minum harus disesuaikan dengan karakter tubuh.  mengingat lebih dari 70% tubuh kita adalah air, maka minimal kita harus memberikan tubuh kita dua liter air dalam sehari atau setara dengan 8 gelas.

Saat yang tepat untuk minum adalah 2 jam sebelum atau sesudah makan atau diantara dua waktu makan.  Mengapa demikian?
Ketika kita minum saat makan atau setelahnya, air yang kita minum akan memisahkan makanan yang sudah bercampur dengan berbagai enzim dan gastric juice sehingga proses pengolahan makanan akan terganggu dan tidak sempurna.  akibatnya, nutrisi yang dibutuhkan tubuh jadi tidak maksimal, pembuangan sisa olahan tubuh jaadi terhambat sehingga akan mengunndang berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, konstipasi atau sembelit dan sebagainya.
  jadi, ketika kita makan atau sesudahnya, kita hanya boleh minum paling banyak 1/2 gelas.   Itupun biasakan agar airnya dikumur-kumur dulu supaya bercampur dengan enzim dalam mulut.

minim menjelang tidur juga kurang baik, karena akan membuat istirahat ginjal kita terganggu.  Banyaknya cairan yang masuk pada malam hari akan memaksa ginjal bekerja padahal seharusnya ia beristirahat dari rutinitas yang melelahkan pada siang hari.

Jadi waktu yang tepat untuk minum adalah:
2 gelas ketika baru bangun tidur
setiap 2 jam sebelum atau sesudah makan
2 jam sebelum tidur

Jangan lupa, minum sambil duduk, mengambil 3 napas dalam meminum tiap 1 gelas, membaca basmallah dan hamdalah ssebelum dan sesudah minum...Selain sehat, juga berpahala karena mengikuti sunnah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar